CYBER ETHICS
CYBER ETHICS
v Terminologi, Etika
Ber-internet
v Kejahatan Komputer
(Virus,SPAM,Carding dll)
TERMINOLOGI
CYBER ETHICS
CYBER
ETHICS adalah suatu aturan tak tertulis yang dikenal di dunia IT. Suatu
nilai-nilai yang disepakati bersama untuk dipatuhi dalam interaksi antar
pengguna teknologi khususnya teknologi informasi.
Tidak
adanya batas yang jelas secara fisik serta luasnya penggunaan IT di berbagai
bidang membuat setiap orang yang menggunakan teknologi informasi diharapkan mau
mematuhi cyber ethics yang ada.
ETIKA
BER-INTERNET
Internet dikenal sebagai komunitas
yang tidak mengenal aturan. Dalam internet semua orang berhak bertindak,
berinisiatif, berkreasi apa saja tanpa ada yang melarang dan menentang.
Internet bersifat bebas ! Namun
meskipun bersifat bebas dan terbuka, ternyata berinternet juga memiliki
batasan-batasan yang musti kita perhatikan. Batasan-batasan atau etika tersebut
berupa tata tertib berinternet yang sering disebut Nettiquette (Netiket) = Netter
Etiket
Berawal dari keprihatinan terhadap
fenomena berinternet yang semakin vulgar dan cenderung melampaui batas, maka
ada beberapa hal ETIKA BERINTERNET yang patut dijadikan batu pijakan bagi para
netter, yaitu :
1. Jangan Gunakan Huruf
Kapital
Karena penggunaan karakter huruf
bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan
penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak.
Tentu sangat tidak menyenangkan
tatkala anda dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan?
Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan
maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya
saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf.
2. Perlakuan Terhadap Pesan
Pribadi
Jika seseorang mengirim informasi
atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message), anda tidak
sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum, kelompok grup,
atau milis.
3. Hati-hati Dalam
Mem-forward
Tidak semua berita yang beredar di
internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, juga merupakan musuh besar bagi
para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih
dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya.
Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya
kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.
4. Jangan Gunakan “CC”
Ketika mengirim e-mail ke sejumlah
orang, jangan cantumkan nama-nama pada kolom “CC“. Jika anda melakukan hal itu
biasa disebut cross posting, semua orang yang menerima e-mail anda, akan bisa
melihat alamat-alamat e-mail orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat
e-mailnya dibeberkan di depan umum. Gunakanlah selalu “BCC“. Dengan cara ini
setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.
5. Jangan Sembarangan
Menggunakan Format HTML
Jika anda mengirim sebuah pesan
penting ke rekan anda, jangan gunakan format HTML tanpa anda yakin bahwa
program e-mail rekan anda bisa membaca kode HTML. Jika tidak, pesan anda sama
sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaliknya, gunakanlah format plain text.
6. Jangan Kirim File
(berukuran besar) Melalui Attachment
Peraturan e-mail secara
internasional melarang transfer file melalui e-mail, apalagi di dalam milis.
Jangan pernah membayangkan, rekan anda atau anggota milis yang lain memiliki
mailbox/hard disk yang cukup seperti anda. Pada umumnya penyedia jasa internet
(ISP) di Indonesia ‘hanya’ memberi quota space 2-5 MB. Pengiriman file yang
besar, akan membuat proses downloading menjadi lamban, dan ini jelas menambah
beban pulsa.
7. Ketika ‘Harus’
Menyimpang Dari Topik
Tiap milis/forum tentu memiliki
peraturan khusus mengenai obyek bahasan yang diperkenankan. Sehingga tatkala
anda ingin menyampaikan/meminta sebuah informasi di luar topik yang telah
ditentukan, sepatutnya sertakan pula tanda khusus pada kolom subyek e-mail anda
agar anggota milis yang lain tidak terkecoh dengan isi e-mail anda. Contohnya,
ketika ingin menyampaikan lowongan pekerjaan di milis yang khusus membahas
tentang software: [OOT] Loker di PT. Software Citra Kencana, Membutuhkan
Programmer.
8. Hindari Personal Attack
Ketika anda tengah dalam situasi
debat yang sengit, jangan sekali-kali anda menjadikan kelemahan pribadi lawan
sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan
seberapa dangkal pengetahuan anda. Lawan argumentasi hanya dengan data/fakta
saja, sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat, jangan
sekali-kali menggunakan kepribadian lawan debat sebagai senjata sekalipun ia
adalah orang yang anda benci. Budayakan sikap debat ilmiah, bukan debat kusir.
9. Kritik dan Saran yang
Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message)
Jangan mengkritik seseorang di
depan forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri. Kritik dan saran yang
diberikan pun harus bersifat konstruktif, bukan destruktif. Beda bila kritik
dan saran itu ditujukan untuk anggota forum secara umum atau pihak moderator
dalam rangka perbaikan sistem forum, anda boleh mempostingnya di dalam forum selama
tidak menunjuk orang per orang tertentu.
Tidak ada komentar: