Definisi, Pengertian, Fungsi. dan Cara Menulis Absrak
Definisi dan Pengertian Abstrak
Secara umum, Abstrak merupakan tulisan sederhana yang tidak terlalu panjang dengan jumlah kata yang telah dibatasi. Penulisan abstrak merupakan rangkuman atau intisari dari dari sebuah Karya Tulis Ilmiah, Paper, Tugas Akhir atau Skripsi. Cara membuat abstrak mencakup keseluruhan dari penelitian yang dilakukan sebagai bahan tinjauan umum bagi orang lain.
Didalam dunia akademisi maupun penelitian penulisan abstrak merupakan tulisan singkat yang mencakup secara menyeluruh kegiatan dan aktivitas untuk mengatasi permasalahan dan memberikan solusi yang sesuai dengan permasalahan yang di teliti.
Abstrak biasanya dibuat dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris (bahasa general) dan bahasa ibu tempat laporan penelitian atau pun karya ilmiah tersebut dibuat. Penggunaan dua bahasa ini dimaksudkan agar karya ilmiah atau pun laporan penelitian dapat digunakan baik oleh orang-orang yang berasal dari negara tempat laporan penelitian tersebut dibuat. Maupun oleh orang-orang yang berasal dari negara di luar tempat laporan penelitian tersebut dibuat.
Namun, para akademisi dan peneliti dari seluruh bumi mampu membaca penelitian yang telah kamu buat dengan hanya berdasar contoh abstrak karya ilmiah yang telah kamu buat. Dengan demikian, penelitian yang telah kamu buat dapat menjadi rujuakan untuk penelitian orang lain yang mempunyai permasalah yang sama namun berbeda kasus.
Fungsi Abstrak
Dalam dunia penelitian, setiap contoh abstrak yang akan dibuat oleh mahasiswa ataupun peneliti yang mendalami bidak akademik perlu mengetahui fungsi dari abstrak itu sendiri. Hal ini agar kamu paham bahwasanya conoth abstrak karya tulis ilmiah yang dibuat dapat dipahami oleh orang yang menjadikan karya tulis ilmiah yang kamu buat dapat dipahami dengan baik.
Fungsi dasar dari contoh abstrak sebagai berikut :
1. Komponen Utama Laporan Hasil Penelitian
Abstrak merupakan salah satu komponen yang wajib disertakan dalam semua peneliti yang dibuat. Hal ini berfungsi sebagai rujukan kepada pembaca bahwasanya contoh penulisan abstrak yang kamu buat sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh orang yang akan mengabil rujukan penelitian dari karya tulis ilmiah yang kamu buat.
2. Gambaran Umum Mengenai Isi Laporan Penelitian
Fungsi abstrak karya tulis dalam penelitian ialah sebagai gambaran umum yang terdapat dalam isi laporan penelitian. Dengan adanya abstrak seseorang yang membaca hasil karya tulis ilmiah yang telah kamu buat akan dapat dengan mudah dipahami tanpa haru membaca keseluruan isi penelitian yang telah kamu buat.
3. Bahan Pertimbangan Bagi Pembaca
Fungsi berikutnya dari penulisan abstrak adalah sebagai bahan pertmibangan dalam mengambil rujukan dalm penelitian yang akan dilakukan. beberpa para penbeliti yang akan melakukan penelitian. Perlu melakukan rujukan terkait penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya dan memiliki bentuk penelitian yang sejenis.
Maka, dengan adanya contoh penulisan abstrak yang telah dibuat akan memudahkan para peneliti dalam mengambil rujukan yang sesuai dengan penelitian mereka.
Cara Membuat Abstrak Karya Tulis Ilmiah
Dalam pembuatan abstrak yang benar dan sesuai kaidah terdapat kaidah umum yang harus dipenuhi oleh para peneliti dalam cara membuat abstrak. Sehingga, hal -hal yang diharapakan oleh orang yang menjadikan penelitian kamu sebagai rujukan dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
Kaidah Penulisan Abstrak
Beberapa kaidah dalam contoh penulisan abstrak yang perlu dipahami saat akan membuat abstrak antara lain :
1. Latar Belakang
Kaidah pertama yang harus dipenuhi saat akan membuat abstrak adalah dengan memasukkan latar belakang dari permasalahan serta latar belakang yang dihadapi oleh peneliti. Dengan adanya latar belakang peneliti akan mencari solusi untuk menyelesaikan permasalah yang menjadi latar belakang penelitian yang dilakukan.
2. Metode Atau Pendekatan Masalah
Menjabarkan secara ringkas dan padat jenis metoode penelitan yang dilakukan dalam melakukan penelitian. Dengan demikian, peneliti akan mengetahui bagaimana cara dan langkah yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.
3. Hasil Penelitan
Menjabarkan hasil penelitian yang dilakukan pun menjadi kaidah yang harus dijabarkan terkait dengan penelitian yang dilakukan. Hal ini akan menjadi salah satu rujukan yang akan diperhatikan oleh pembaca terkait penelitian yang dilakukan terkait latar belakang yang dihadapi dengan menggunakan metode yang dupakai apakah dapat menyelesaikan permasalahan yang diteliti.
4. Kesimpulan
Kesimpulan mejadi penutup didalam kaidah cara membuat abstrak yang baik. Dengan melampirkan kesimpulan akan dapat diketahui bahwasanya penelitian yang telah dilakukan apakah dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.
Cara Menulis Abstrak
Setelah mengetahui kaidah umum dalam penulisan abstrak, berikutnya adalah cara membuat abstrak yang baik dan benar. Sehingga, orang yang membaca abstrak yang telah kamu buat dapat dengan mudah dipahami. beberapa hal yang perlu dipahami didalam cara membuat abstrak adalah :
Jumlah Kata
Cara penulisan abstrak yang pertama adalah jumlah kata maksimal adalah 150 kata. jumlah demikian merupakan aturan umum yang perlu dipahami oleh setiap peneliti. 150 kata bukan mejadi jumlah yang mutlak terpenuhi. Namun, aturan yang berlaku di Indonesia saat ini adalah jumlah kata yang digunakan dalam penulisan abstrak adalah berkisar antara 100 sampai 150 suku kata.Jarak Antar Baris
Setelah mengetahui jumlah kata yang diperlukan selanjutnya mengetahui bahwa spasi penulisan antar baris dalam cara membuat abstrak adalah spasi 1 (single spacing). Hal ini bertujuan untuk memadatkan abstrak yang dibuat serta dapat mencakup abstra bahasa indonesia dan abstrak bahasa Inggris dalam satu halaman.Penulisan Bahasa Asing
Penggunaan bahasa asing dalam abstrak yang dibuat harus dicetak miring dalam penulisannya. Dengan penulisan bahasa asing tidak hanya mencakup bahasa Inggris tetapi juga bahasa ilmiah yang akan ditulis dengan dalam penulisan abstrak.Jumlah Paragaraf
Contoh abstrak karya tulis ilmiah yang ada terdiri dari tiga paragraf. Hal ini merupakan ketentuan umum yang dibuat dalam cara penulisan abstrak yang baik. Setiap cara membuat abstrak yang dibuat terdiri dari tiga paragraf :Pertama memuat : judul penelitian, rumusan masalah, latar belakang dan tujuan penelitian.Kedua memuat : metode penelitian, teknik analisa data, landasan teori.Ketiga memuat : hasil atau kesimpulan yang diperoleh dari penelitian yang sudah dilakukan.Namun, Dalam literasi lain didapatkan bahwasanya jumlah paragraf dalam penulisan abstrak hanya terdiri dari satu paragraf yang mencakup tiga pargraf diatas. Untuk itu, ada baiknya kamu menanyakan kepada dosen ataupun pembimbing kamu mengenai jumlah paragraf yang digunakan dalam penelitian yang akan kami kerjakan.Bahasa
Dalam Penulisan Abstrak Bahasa yang digunakan adalah bahasa induk dan bahasa global. Dalam hal ini bahasa induk adalaha bahasa Indonesia dan bahasa global alaha bahasa Inggris yang digunakan sebagai bahasa penulas abstrak.Kata kunci
Pada akhir cara membuat abstrak diberikan kata kunci yang terkait dengan penelitian yang dilakukan. Jumlah kata kunci yang diberikan sekitar 3 sampai 5 kata yang dipisahkan dengan tanda koma (,).Penulisan Singkat, Padat, dan Jelas
Didalam penulisan abstrak yang akan dibuat perlu memnulis abstrak yang singkat, padat, dan jelas. Sehingga, jumlah kata yang digunakan tidak boros. Serta, poin yang ingin dibahas didalam setiap paragraf yang dibuat tidak keluar dari penulisan abstrak yang baik dan benar.
Tidak ada komentar: